google666c8d6933668379.html Bolang Info Loker: Bagaimana Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Yang Menarik?

Tuesday, 17 January 2017

Bagaimana Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Yang Menarik?

Bagaimana Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Yang Menarik?

Curiculum Vitae atau yang sering kita kenal sebagai Daftar Riwayat Hidup adalah merupakan salah satu syarat terpenting dalam melamar pekerjaan, lalu bagaimana caranya membuat Daftar Riwayat Hidup yang menarik pihak perusahaan dan membuat anda berbeda dari pelamar kerja yang lain?
Saya akan memberikan beberapa tips untuk anda dalam membuat Daftar Riwayat Hidup simak tips berikut:
Bagaimana Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Yang Menarik?

1. Kelebihan

Jelaskan lah apa kelebihan anda di dalam Daftar Riwayat Hidup anda, dengan begitu pihak perusahaan atau pihak HRD akan mengetahui anda akan cocok bekerja di bagian mana, atau anda cocok bekerja dimana, karena dengan mengetahui kelebihan anda, pihak HRD akan mengetahui potensi yang ada pada diri anda, 

namun jangan cantumkan kekurangan anda di dalam Daftar Riwayat Hidup, karena begitu pihak HRD mengetahui kekurangan anda, maka mereka pasti akan berpikir ulang untuk mempekerjakan anda.


2. Data Pribadi

Data pribadi merupakan suatu keharusan dalam Daftar Riwayat Hidup, isilah dengan baik dan jujur data pribadi anda, karena jika di temukan suatu kesalahan atau perbedaan, maka mungkin kesalahan itu akan jadi bumerang untuk anda sendiri.

Cantumkanlah Data Pribadi anda selengkap mungkin, sertakan juga nomer handphone yang dapat di hubungi agar pihak perusahaan lebih mudah untuk menghubungi anda jika anda mendapatkan panggilan kerja.

3. Pengalaman Kerja

Tidak ada yang lebih baik dari sebuah pengalaman, karena pengalaman merupakan guru terbaik, maka cantumkanlah pengalaman kerja anda pada Daftar Riwayat Hidup anda, agar pihak HRD dapat menentukan akan meletakan anda pada bagian atau pada posisi yang sesuai atau sama dengan pengalaman bekerja anda.

Usahakan agar anda mengetahui setiap detail dari pengalaman bekerja anda, karena pada saat interview, pihak HRD akan bertanya pada anda mengenai pengalaman bekerja anda, anda pasti akan di tanya mengenai bagaimana cara anda bekerja?, pekerjaan apa yang anda lakukan?, di posisi dan bagian mana anda bekerja serta berapa lama anda bekerja?.


4. Pendidikan

Tolak ukur terpenting dari sebuah pekerjaan adalah pendidikan, karena pada umumnya tidak mungkin perusahaan mencari seorang manager dengan pendidikan SD, setiap pekerjaan memiliki kualifikasi tertentu, dan salah satu kualifiasinya adalah pendidikan, maka cantumkanlah pendidikan anda pada Daftar Riwayat Hidup anda,

Jika anda seseorang yang berlulusan SMK atau Sarjana maka jangan lupa cantumkan jurusan anda, karena dengan jurusan HRD dapat menilai anda pantas di pekerjakan pada posisi apa.

5. Keahlian

Skill atau Keahlian adalah pintu gerbang untuk mendapatkan sebuah pekerjaan, jika anda memang benar-benar seseorang yang ahli dalam suatu hal, maka jangan ragu untuk mencantumkannya pada Daftar Riwayat Hidup, sehingga keahlian yang anda punya dapat anda salurkan dan menjadikan pundi-pundi uang bagi anda.

Keahlian juga merupakan tiket emas bagi anda, jika anda memiliki keahlian yang tidak semua orang dapat melakukannya, maka di jamin anda pasti akan dengan mudah mendapatkan sebuah pekerjaan,
Contohnya seseorang yang memiliki kemampuan las, dan jika dia mencantumkan keahlian tersebut, maka pihak HRD atau perusahaan akan sangat yakin untuk mempekerjakan anda dalam proyek las.

6. Warna

Buatlah CV atau Daftar Riwayat Hidup anda lebih berwarna, gunakanlah perpaduan warna seperti Daftar Riwayat Hidup saya, dengan Daftar Riwayat Hidup yang berwarna akan sangat menarik mata para HRD, sehingga yang harusnya CV anda di lewatkan oleh para HRD, namun karena CV anda terlihat berwarna dan menarik, mereka akan lebih fokus untuk memeriksa CV anda, berilah warna yang tidak menyilaukan seperti warna Hijau gelap, Merah Gelap, atau Biru, agar mata HRD tidak sakit saat melihat CV anda,

lalu pertanyaan selanjutnya: apakah boleh?
Tentu saja boleh, saya sudah mempergunakan CV berwarna dari beberapa tahun lalu, bahkan yang menyarankan kepada saya untuk menggunakan CV yang berwarna adalah seorang HRD, saya bahkan pernah di panggil tes 2 kali di salah satu yayasan yang ada di jakarta timur padahal saya hanya menaruh 1 CV disana, jad untuk apa ragu lagi?
buatlah Daftar Riwayat Hidup anda semenarik mungkin.

enam hal tersebut adalah hal wajib yang harus anda cantumkan di dalam Daftar Riwayat Hidup anda

Artikel Terkait:
Lowongan Kerja Lainnya
Yayasan Penyalur Tenaga Kerja
Tips Tentang Pekerjaan
Artikel Menarik Lainnya
,
Sekian informasi yang dapat saya berikan, Indahnya Berbagi.

Salam Sahabat Bolang.

No comments:

Post a Comment